10 Cara Mempercepat Akses Website WordPress

wordpres

artikel website wordpress

1. Pilih Penyedia Jasa Hosting yang bagus

  • Shared Hosting
Shared hosting digunakan jika anda memiliki beberapa website wordpress yang jarang di kunjungi. Biasanya trafik untuk penggunaan shared hosting adalah maksimal 1000 UV tapi ini bisa lebih jika anda bisa mengoptimasi website wordpress. Bahkan adayang default.id lihat ada website yang menggunakan shared hosting memiliki lebih dari 1000 UV bahkan ada yang hingga 10.ooo UV. Ini tergantung dari penyedia jasa shared hosting, optimasi website wordpress, dan durability dari server tempat website wordpress anda ditempatkan. Untuk memaksimalkannya pilihlah datacenter yang lebih dekat dari targeted visitor website wordpress anda.
  • Virtual Private Servers (VPS)
Jika anda sudah merasa shared hosting yang anda gunakan sudah tidak mampu untuk melayani pengunjung. Dan lama jika loading maka kini saatnya anda beralih ke VPS. VPS memberikan resource lebih besar dari shared hosting. Anda memiliki akses full (root) untuk VPS yang anda gunakan dan memiliki keleluasaan untuk memanage website wordpress. Banyak penyedia provider VPS yang memberikan harga yang tidak menguras dompet anda. Harga yang ditawarkan mulau dari $1 – $100 tergantung jenis, kapasitas, provider vps, dan layanan yang diberikan oleh provider VPS. Untuk indonesia provider yang dekat datacenternya adalah Gedung Cyber. Atau anda bisa menggunakan data center dari Singapore yang banyak disediakan oleh provider. Untuk yang termurah saat ini default.id temukan di Digital Ocean dengan harga $5
  • Dedicated Hosting
Jika VPS yang anda pergunakan sudah tidak kuat untuk melayani pengunjung, kini saatnyaa anda beralih ke Dedicated Server. Semakin banyak pengunjung, proces yang terjadi di VPS akan berjalan semakin lama. Dan akses ke website wordpress anda akan menurun. Jika ini terjadi sudah saatnya anda beralih ke dedicated hosting.
  • Managed WordPress Hosting
Managed WordPress hosting bisa menjadi alternatif anda untuk website wordpress anda. Server untuk hosting jenis ini sudah di optimasi sehingga website wordpress anda akan berjalan secara optimal.

2. Pergunakan Light Weigth Themes

Apakah theme yang anda pergunakan surah lightweight atau ringan? Jika tidak anda harus menggantinya dengan theme yang lightweight. Seperti yang default.id pergunakan theme fasthink yang di jual oleh kentooz sangat ringan. Atau anda bisa mencari lightweight theme lainnya sesuai dengan selera anda. Anda bisa membeli theme fasthink disini.

3. Perkecil Ukuran Image Anda

Image atau gambar akan memakan space dari folder wp-content anda. Image yaang berukuran besar juga akan cepat memenuhi space dari hosting anda. Disamping itu ukuran image akan mempengaruhi akses dari website wordpress anda. Perkecillah ukuran Images anda dan kompress sehingga memiliki ukuran yang lebih kecil dari sisi space hosting. Ini akan sangat membantu akses dan space hosting anda.

4. Tambahkan Lazy Load to Images

Lazy Load adalah alat atau tools yang bisa mempercepat secara drastis semua image di website wordpress anda. Apa yang dilakukan oleh tool ini adalah akan meload image jika image tersebut dilihat oleh visitor atau jika image tersebut berada diluar jangkauan layar monitor image tidak akan di load secara otomatis. Image akan terlihat jika visitor men-scroll down website anda.
Ini beberapa tools atau plugin yang bisa anda pergunakan untuk optimasi image pada website wordpress anda.
  • Lazy Load:
  • Rocket Lazy Load:
  • Unveil Lazy Load:
  • Image Lazy Load:

5. Gunakan Caching Plugin

Website caching akan mempercepat akses dari website wordpress anda. Ini dikarenakan file dinamic yang biasanya diload oleh php akan di cache menjadi file html biasa. Jadi beban server website wordpress anda tidak akan terlalu berat. Apalagi anda menggunakan website dengan webserver Apache + Nginx. Jadi Cache dari website wordpress anda akan di layani oleh nginx. Dan php anda dilayani oleh Apache.
Berikut beberapa plugin cache yang dapat anda pergunakan untuk website wordpress anda.
  • WP Super Cache (free)
  • W3 Total Cache (free)
  • WP Rocket (berbayar)

6. Gunakan Content Delivery Network (CDN)

CDN dapat dipergunakan untuk miroring image anda. Image anda akan terletak di server CDN. Ini akan menurunkan load time dari image anda. Anda bisa juga menggunakan VPS anda jadi satu dengan webhosting anda dengan memisah hosting image dan main hosting website anda.
Cara untuk memisahkan bisa anda pergunakan plugin diatas. Anda tinggal membuat subdomain misalnyaa img.default.id dari cpanel dan arahkan ke folder public_html. Apalagi anda menggunakan konfigurasi webserver Apache + Nginx. Jadi img.default.id hanya akan dilayani oleh Nginx.
7. Minify JS and CSS file
Website wordpress anda memiliki banyak HTML, CSS dan javascript yang musti diload oleh website wordpress anda jika di akses. File ini dibuat oleh manusia, untuk di baca oleh manusia jadi ada kemungkinan blank space, comment, dll yang sebetulnya tidak dibutukan oleh server. Anda harus membersihkan segala hal ini untuk mempercepat loading website anda.
Anda dapat menggunakan CSS Minifier JavaScript Minifier yang semuanya gratis. Anda juga dapat menggunaka plugin W3 Total Cache (free) yang sudah memiliki fasilitas ini.

8. Clean up Your WP Database

Lakukan secara berkala membersihkan database dari website wordpress anda. Terkadang database masih menyimpan data seperti inactive plugin, revision post. Pembersihan database akan sangat membantu kinerja database anda dan akan memperkecil ukuran database anda. Sehinga performance dari website anda akan lebih bagus dan akses speed dari website wordpress anda akan lebih cepat. Salah satu plugin yang dapat anda pergunakan untuk website wordpress anda adalah WP-Sweep

9. Optimasi Homepage

Homepage merupakan bagian penting dari performance website wordpress anda. Optimasi homepage website wordpress anda tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Dengan optimasi homepage website wordpress anda akan membantu performnce website wordpress. Beberapa hal yang dapat anda lakukan adalah:
  • Buang inactive plugin dan widget. Pergunkan hanya yang anda butuhkan.
  • Hilangkan semua elemen dan content tidak penting dari halaman hompage anda.

10. Deactivate Hotlinking

Ada kemungkinan image dari website anda dipergunakan oleh website lain. Jadi hilangkan hotlink dari website anda. Pengaturan ini bisa anda lakukan di cPanel. Disamping ini akan mengurangi proses dari hosting anda, menghilangkan hotlink dari website anda juga akan menghemat bandwith yang diberikan oleh provider webhosting anda.