10 Langkah cara membuat website untuk pemula

10 Langkah cara membuat website untuk pemula

Website

Sebelum memulai 10 langkah membuat website atau web in,i berikut saya sampaikan penjelasan singkat mengenai web. website adalah kumpulan dari berbagai macam halaman situs, yang terangkum didalam sebuah domain atau juga subdomain, yang lebih tepatnya berada di dalam WWW (World Wide Web) yang tentunya terdapat di dalam Internet.

Jika anda sudah paham mengenai definisi web, tapi berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Menginstall Text Editor atau IDE.

Ketika anda membuat website jenis format file yang digunakan adalah HTML (Hyper Text Mark-up Language) jadi cara untuk membuat sebuah halaman HTML perlu yang namanya Text Editor atau IDE. Pengertian text editor adalah aplikasi untuk membuat atau mengedit teks, contohnya Notepad++ atau Sublime Text Editor lalu ada IDE(Integrated Development Environment), IDE adalah sebuah tools yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan sebuah perangkat lunak.

  1. Menentukan Jenis Web yang anda Buat

Jenis-jenis website ada 3 (tiga) macam diantaranya, bisa dibaca dibawah ini:

    Website Statis adalah suatu website yang mempunyai halaman yang tidak berubah. Yang artinya adalah untuk melakukan sebuah perubahan pada suatu halaman hanya bisa dilakukan secara manual yitu dengan cara mengedit kode-kode yang menjadi struktur dari website itu sendiri.

    Website Dinamis adalah merupakan suatu website yang secara strukturnya diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain dimana utamanya yang bisa diakses oleh para pengguna (user) pada umumnya, juga telah disediakan halaman backend yaitu untuk mengedit konten dari website tersebut. Contoh dari website dinamis seperti web berita yang didalamnya terdapat fasilitas berita, dsb.

    Website Interaktif adalah suatu website yang memang pada saat ini memang terkenal. Contohnya website interaktif seperti forum dan blog. Di website ini para pengguna bisa berinteraksi dan juga beradu argumen mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka.

  1. Menentukan Tujuan untuk apa anda membuat website tersebut

Jika anda ingin membuat website blog atau hanya untuk dibaca saja saya sarankan untuk menggunakan Website Site Statis, Jika ingin membuat website Shopping Atau Forum anda bisa menggunakan Jenis Website Dinamis dan Interaktif untuk berinteraksi dengan pelanggan ataupun pengunjung web anda.

  1. Membuat Halaman HTML

HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. Menggunakan tag-tag tertentu untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan di web browser.

  1. Membuat isi konten

Sebelum membuat web untuk diisi pada halaman html tentunya anda harus tahu konten atau isi dalam website yang akan anda buat dan tentunya konten yang anda menarik dan juga sesuai bagi pengunjung web anda.

  1. Membuat Navbar (Navigation Bar)

NavBar atau Navigation Bar adalah sebuah balok navigasi yang terletak di bagian atas. Melalui NarBar, pemilik dan pengunjung dapat melakukan pencarian blog, menjadi followers blog, membuat navigasi ke blog lain, melaporkan penyalahgunaan blog, membuat entri (postingan) baru, mendesain template, sign in atau sign out blog, dan sebagainya. Jadi Navbar ini wajib ada dalam isi halaman web anda.

  1. Membuat Logo Website (Slicing Logo)

Slicing merupakan proses pemotongan gambar-gambar pendukung suatu web, pada contoh kasus ini anda bisa memotong bagian-bagian tertentu seperti Logo, Shadow, Garis berwarna dan lainnya.

  1. Desain Website Menggunakan CSS.

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets. Berisi rangkaian instruksi yang menentukan bagiamana suatu text akan tertampil di halaman web. Perancangan desain text dapat dilakukan dengan mendefinisikan fonts (huruf) , colors (warna), margins (ukuran), latar belakang (background), ukuran font (font sizes) dan lain-lain. Elemen-elemen seperti colors (warna) , fonts (huruf), sizes (ukuran) dan spacing (jarak) disebut juga “styles”.

  1. Menambahkan Fungsi Menggunakan Javascript.

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang bisa disisipkan ke HTML seperti halnya PHP akan tetapi javascript berjalan di sisi Client.Misalnya, jam ditampilkan pada halaman yang update sendiri untuk menunjukkan waktu saat ini pada komputer pengguna.

  1. Mengupload web anda ke internet

Sebelum anda menguploadnya ke internet anda harus menentukan domain apa yang anda ingin gunakan . domain adalah nama untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email service di internet, misalnya “.com”,”.co.id”,dll. Kalau sudah, anda harus menghosting web anda, hosting adalah tempat penyimpanan web. Maksudnya, ruang seperti hard disk untuk menyimpan dokumen – dokumen yang disimpan di server internet . Tanpa hosting , web yang dibuat tidak akan bisa diakses . Oleh karena itu diperlukan server yang terhubung di internet selama 24 jam / sehari untuk menempatkan homepage dan agar homepage yang dibuat dapat selalu diakses oleh para pengujungnya.

Mungkin Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf semoga artikel yang saya buat kali ini bermanfaat.