10 rahasia menambah traffic pengunjung website

visitors-stat-chart-in-purple-color_350-292935304

10 rahasia menambah traffic pengunjung website

Anda sudah membuat website tapi belum juga mendapat pengunjung? kali ini saya akan memberikan solusinya.

1. Aktif di Facebook Groups

Sewaktu PanduanIM baru diluncurkan, 80% pengunjungnya berasal dari grup-grup di Facebook.

Tapi, sebagian besar blogger yang memanfaatkan grup Facebook tidak bisa mendapatkan banyak pengunjung… Kenapa?

Ini permasalahannya:

Facebook punya filter spam yang ketat. Ketika link-link yang anda post tidak mendapat respon dari orang lain, maka secara tidak sadar anda sudah dicap sebagai spam oleh sistemnya.

Maka dari itulah seberapa seringnya pun anda mengirim link ke Facebook, tidak ada yang mengunjungi.

Lalu apa mustahil promosi di Facebook?

…Nggak juga

Kalau anda melakukan promosi yang tepat, hasilnya akan sangat luar biasa.

Ikuti langkah-langkah ini:

Misalnya anda punya blog & konten tentang merawat kucing, carilah grup Facebook yang membernya membutuhkan informasi tadi.

Grup kucing

Anda tidak boleh langsung menaruh link begitu saja tanpa kenal dengan anggota grup.

Anda juga tidak boleh langsung menaruh link setelah kenal dengan anggota grup.

…kapan bolehnya?

Setelah anda dikenal sebagai orang yang sering membantu orang lain. Supaya dikenal, sering-seringlah menjawab pertanyaan anggota grup dan sering-seringlah berbagi ilmu tanpa link.

Karena ini sangat penting, akan saya ulangi secara singkat supaya tidak terlewat.

2.  Melalui Blog Walking

Blog walking adalah kegiatan mengunjungi blog/ website orang lain yang masih berhubungan dengan blog kita, lalu meninggalkan komentar di blog/ website tersebut. Ada banyak blog yang menyediakan kolom untuk meninggalkan URL website bagi orang yang memberikan komentar di situs mereka, inilah yang harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Jangan pernah meninggalkan komentar SPAM pada blog orang lain karena hal itu hanya akan memberikan citra yang buruk pada Anda sebagai seorang blogger atau internet marketer. Biasakan untuk membaca artikel yang ditulis terlebih dahulu sebelum meninggalkan komentar agar Anda mengerti memberikan komentar yang sesuai dengan topik artikel.

Dengan berkomentar dengan baik dan meninggalkan URL blog kita di kolom yang telah disediakan, maka Anda akan mendapatkan backlink menuju situs Anda. Selain itu, kemungkinan besar pengunjung lain di blog tersebut juga akan mengunjungi situs Anda ketika mereka melihat komentar yang Anda berikan. Dari proses blog walking ini kita bisa mendapatkan cukup banyak trafik, tapi memang dibutuhkan usaha ekstra dengan memberikan komentar di blog-blog lain terlebih dahulu.

3. Konsistensi

Jika untuk gagal saja perlu konsistensi begitu juga untuk berhasil memperbanyak pengunjung. Pasti lebih perlu yang namanya konsistensi.

Semakin dalam dan semakin sering anda menulis untuk topik yang sama, maka rasionya akan semakin besar pula website anda untuk keluar dihasil pencarian untuk kata kunci terkait. Kunci konsistensi disini jagalah minimal 1 pekan 1 kali merilis artikel yang berkualitas.

5. Temukan forum yang relevan, dan aktif sebagai anggota

Intinya sama dengan nomor 2 dan 3. Jadi, singkat saja.

Kalau anda melewati 2 poin di atas, silahkan baca ulang.

Dari forum anda bisa mendapatkan backlink langsung (meskipun nofollow), dan anda bisa menjalin hubungan dengan anggota lain.

Dulu saya sering aktif di sebuah forum baru bernama IdBlogSchool

Melalui forum tersebut saya mendapat banyak pengunjung tentunya.

Tapi bukan hanya itu.

Karena merupakan forum baru, anggotanya lebih sedikit dibandingkan komunitas FB dan G+. Tapi kita bisa jadi lebih kenal dekat dengan anggotanya.

Sehingga, tidak sedikit anggota forum tersebut yang memberikan backlink di blog mereka untuk saya.

Contohnya teman saya ini:

rekomendasipim

Cara mencari forum di Google:

  • Forum + “topik”
  • Forum + “komunitas”

6. Melalui Situs Social Bookmarking

Situs-situs social bookmarking awalnya dibuat untuk membantu netter menyimpan alamat website yang mereka sukai, sehingga akan memudahkan mereka ketika ingin membuka website tersebut di kemudian hari. Pada perkembangannya, situs social bookmarking sering digunakan untuk optimasi SEO dan juga untuk mendapatkan trafik. Nah, yang saya tulis di sini adalah trafik langsung dari Social bookmarking-nya, bukan efeknya ke SEO sebuah situs.

Kita bisa menyimpan URL blog/ website atau URL postingan artikel blog milik kita ke situs-situs social bookmarking, dengan harapan pengguna yang lain akan tertarik dengan URL yang kita submit dan mengunjungi situs kita dengan media social bookmarking tersebut. Selain itu, situs social bookmarking juga sering mendapatkan trafik dari mesin pencari. Jadi, menurut saya kemungkinan untuk mendapatkan trafik dari situs social bookmarking cukup potensial dan harus dimanfaatkan dengan baik.

7. Berikan Value pada Pengunjung Website

Jika bicara value maka kita bicara tentang kualitas sebagai prioritasnya bukan kuantitas. Sebelumnya anda perlu melakukan penelitian rutin untuk mengenali pengunjung website, bagaimana kebiasaan (behaviour) visitor. Kemudian meluncurkan terobosan agar website memliki warna yang khas ataupun bisa membantu persoalan pengunjung website.

Misalnya, Assetnya website / blog adalah konten.

Semakin banyak bersyukur dan menulis konten yang berkualitas, maka traffic bisa terus berdatangan tanpa perlu banyak keluar modal. Cara meningkatkan traffic website model ini boleh dikata ampuh untuk semua jenis website

Oleh karena itu, ketika menulis konten, cobalah untuk selalu bertanya pada diri sendiri apakah Anda (jika menjadi pembaca) akan perlu meluangkan waktu sepuluh menit untuk membacanya ? Apakah saya mau membaginya dengan orang lain ? Jika Anda pikir konten Anda jelek cobalah untuk mengeditnya kembali.

8. Guest Posting di Blog Lain

Ada banyak blog yang memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengirimkan artikel/ konten dan memasang link di blog mereka. Tentunya artikel/ konten yang kita posting di blog tersebut harus sesuai dengan kriteria yang mereka tentukan. Kita bisa memasang link situs bisnis kita di bagian author, beberapa blog memperbolehkan penulis mereka untuk memasang link di dalam artikel. Selain memberikan efek SEO, referral trafik dari blog-blog tersebut tentu cukup banyak, apalagi bila kita menulis artikel di blog yang sudah terkenal.

Sebenarnya masih ada banyak cara gratis lainnya untuk mendapatkan pengunjung menuju situs kita. Tapi lima cara yang sudah saya sebutkan di atas sebenarnya sudah sangat baik bila kita bisa mengoptimalkannya. Saya sendiri fokus pada empat cara tersebut karena selain memberikan trafik langsung, keempat cara yang sudah saya sebutkan di atas terbukti memberikan dampak SEO yang baik pada blog saya. SEO yang baik tentunya akan memungkinkan situs kita akan mendapatkan trafik gratis dari mesin pencari, misalnya Google.

9. Jalin komunikasi dengan blogger-blogger lain

Teknik-teknik di atas itu sebenarnya untuk menjalin hubungan dengan calon pembaca, atau istilahnya audience.

Tapi ada yang lebih ampuh kalau anda ingin mengembangkan blog dengan lebih cepat. Yaitu menjalin hubungan dengan blogger lain.. istilahnya influencer.

Alasannya begini:

Misalnya seorang audience share 1 konten anda ke social media.

Orang-orang yang berstatus sebagai audience hanya punya sedikit follower, dan bahkan mungkin dari follower mereka tidak ada yang tertarik dengan konten kita.

Jadi tidak ada lagi yang klik hasil share dari audience.

Tapi misalkan konten anda di-share oleh influencer dengan 10ribu follower aktif.

Maka akan ada ratusan sampai ribuan orang yang akan datang ke website anda.

Itu sebabnya penting untuk berhubungan dengan mereka.

Sekarang caranya…

  1. Cari blogger-blogger lain yang topiknya sama dengan anda. Google: “topik” + blog.
  2. Follow akun social-nya
  3. Retweet/like, dan share konten mereka secara konsisten
  4. Berikan komentar yang berkualitas di blognya
  5. Pasang link menuju blog mereka di konten anda

Langkah 2-4 bertujuan agar mereka menyadari keberadaan kita.

Dan supaya kesannya positif.

Hati-hati dalam menjalin hubungan, karena kalau anda dianggap sebagai pengganggu maka anda akan diabaikan. Artinya anda kehilangan potensi bantuan yang berharga.

10. Meningkatkan Traffic Website dengan SEO sebagai Value

Search Engine Optimization bukan permainan yang bisa dimenangkan dalam jangka panjang jika anda tidak menggarapnya dengan serius.

Buatlah konten atau fitur yang memiliki nilai lebih sehingga baik Google maupun pembaca menganggap artikel Anda layak dicari. Alhasil pengunjung akan cenderung untuk berbagi konten berkualitas yang anda buat. Hal ini akan memperbanyak link organik menuju website Anda.

Semoga Bermanfaat…