10 Tips Membuat Website Anda Seperti ‘Roket’

rocket

roket

Tanpa harus terheran-heran, loading website memang sangat mempengaruhi bagi pengunjungnya. Mereka akan merasa kecewa, ketika website yang dikunjungi tak kunjung muncul. Ntah karena memang koneksi internet yang lambat, atau karena website tersebut lambat dalam menampilkan halamannya. Tetapi setelah di cek dengan cara mengakses website lainnya, ternyata memang website tersebut penyebabnya.

Pengunjung pun akan beralih ke website yang lebih cepat ketika diakses. Karena waktu yang dibutuhkan juga lebih efisien dibanding harus menunggu loading website yang lambat. Seringkali kita mengalaminya, bahkan sampai sekarang masih ada website yang seperti ini. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk para programmer web dalam meminimalisir waktu untuk menampilkan halaman webnya? Inilah 10 tips untuk mempercepat loading website

1. ‘Coret’ plugin yang memang tidak diperlukan

delete

hapus

Plugin memang dapat mempengaruhi kecepatan loading website anda. Hapuslah plugin yang memang tidak diperlukan dalam website tersebut. Terlebih lagi jika anda menggunakan CMS layaknya WordPress, Joomla, Drupal. Bukan seberapa banyak plugin yang harus anda selipkan pada website, tetapi kualitas plugin yang anda selipkan.

Yang paling terpenting, anda harus menghindari plugin yang terlalu banyak script, dengan kata lain banyak melakukan request. Walaupun plugin sangat membantu, tetapi pastikan juga plugin yang anda selipkan hanya plugin yang diperlukan saja.

2. Optimalkan gambar pada website

image-optimize

mengoptimalkan gambar

Jika anda menggunakan gambar dengan size diatas 1MB, maka inilah salah satu penyebabnya. Banyak sekali software/aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan gambar pada website anda dan pastikan kualitas gambar yang sudah di optimalkan tidak berubah menjadi jelek/blur

3. Kecilkan ukuran gambar

resize-image

mengecilkan gambar

Selesai dari mengoptimalkan gambar, anda juga perlu mengecilkan ukuran gambar yang menjadi ukuran originalnya. Contohnya, ukuran gambar original adalah 600x600px, tetapi yang ditampilkan pada website ukurannya hanya 300x300px. Masalah yang timbul adalah, kita perlu mengecek semua gambar agar ukuran semua gambar dapat mengecil.

4. Gunakan CDN (Content Delivery Network)

country-flags

bendera negara

Website yang dihosting ke server yang berada di Indonesia, biasanya akan lebih cepat diakses bagi yang mengakses dari Indonesia, sebab jaraknya dekat. Tetapi bagi pengunjung yang berlokasi diluar Indonesia? Akan lebih lama bukan? Karena jaraknya begitu jauh. Inilah fungsi CDN, CDN akan menyimpan file website dan mendistribusikannya ke seluruh jaringan server di seluruh dunia. Dengan begitu, ketika orang yang berada di luar Indonesia akan dilayani dari server terdekat disana. Bukan lagi dari server Indonesia

5. Pilih hosting yang cepat

fast-hosting

hosting cepat

Semua cara yang sudah anda lakukan agar website anda menjadi cepat, tetapi masih belum ada perubahan. Mungkin inilah saatnya anda beralih ke penyedia hosting yang lebih baik. Pilihlah hosting dengan layanan yang menurut anda bagus dan terpercaya.

6. Pakailah template website yang ringan dan bagus

website-template

template website

Dengan memakai template, pekerjaan anda jadi lebih cepat dan menghemat waktu. Tetapi, jangan sampai salah pilih. Pilihlah template yang ringan dan bagus. Karena selain tampilannya yang enak dilihat, dalam mengaksesnya pun cepat tanpa harus menunggu lama lagi.

7. Optimalkan database website

database

mmengoptimalkan database

Mengoptimalkan database merupakan hal yang mudah dilakukan, tetapi sering kali diabaikan oleh webmaster. Hal ini sangat berguna bagi yang menggunakan CMS.

8. Minify File JS dan CSS

minify-js-css

minify js css

Apabila website anda menggunakan banyak JavaScript dan CSS, kemungkinan website anda akan memberitahukan browser yang digunakan pengunjung untuk me-load semua file JavaScript dan CSS satu per satu. Ditambah lagi jika anda menggunakan CMS, file JavaScript dan CSS akan ditambah tiap kali anda menyisipkan plugin baru. Itu akan membuat banyak permintaan, akibatnya website anda akan menjadi lambat.

9. Mengaktifkan HTTP Keep-Alive

http

http

Pada umumnya, browser pengunjung website anda meminta file dari server, browser akan mendownload file website anda satu per satu. Artinya, ketika satu file berhasil di download, maka koneksi akan ditutup sementara dan dibuka lagi ketika browser meminta file baru. Hal ini akan memastikan semua permintaan file dari server dilakukan oleh satu kali koneksi (tanpa looping), dan bisa mempercepat loading website anda.

10. Pilihlah CMS yang terpercaya

cms

cms

CMS adalah framework dari website anda. Jika hanya menggunakan HTML sederhana atau CMS yang bisa diandalkan, maka website anda akan baik-baik saja. Artinya jika menggunakan CMS yang belum terpercaya, akan beresiko yakni lambatnya loading pada website. Pastikan untuk mengecek lebih dulu dengan melakukan pengetesan, dengan membaca banyak review/testimonial untuk memastikan CMS yang anda gunakan bagus dan bisa diandalkan.


Ingin website cepat dan bagus? Hubungi Smartsoft Studio!

Kami hadir di 3 Kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya

0812 3303 5559

www.smartsoftstudio.com