4 Fakta Web Desain Yang Menakjubkan

1. Website diproses berbeda pada setiap web browser.

Ketika Anda melihat tampilan website dengan menggunakan Google Chrome dari komputer rumah Anda mungkin Anda akan melihat tampilan yang sama dengan di Safari pada iPhone. Namun belum tentu sama ketika dilihat dengan Internet Explorer ataupun Opera, karena setiap browser biasanya menerjemahkan kode untuk tampilan website secara berbeda. Pada beberapa browser ada fitur atau teknologi baru yang sudah di adopsi, sedangkan browser lain terkadang belum mampu mengadopsi fitur tersebut, alhasil tampilan jadi berbeda. Perbedaan cara browser melakukan renderingini menjadi neraka tersendiri untuk para developer yang selalu ingin memberikan pengamana yang baik kepada pengunjungnya. Desainer web profesional biasanya ahli dalam menangani masalah ini karena mereka terbiasa dengan kode HTML dan CSS standar.

2. Desain menentukan pada bagian mana user akan fokus di website Anda.

Internet telah mengubah cara kita membaca dan menelusuri konten. Menurut laporan dari Nielson Norman Group, “Bagaimana Pengguna Membaca di Web” bahwa situs yang sukses dengan tata letak yang jelas dan scannablememiliki peningkatan kegunaan sempai 47%. Jika pengunjung tidak dapat menemukan informasi secara cepat dari website Anda, maka mereka cenderung untuk meninggalkan website Anda dan mengunjungi situs lain sebagai gantinya.

Web desainer berusaha untuk membuat tampilan situs yang memungkinkan pengunjung untuk langsung fokus pada informasi penting yang ingin disampaikan (target), seperti misalnya sebuah toko online, blog perusahan, sebuah sejarah organisasi, atau konten lain yang penting untuk mereka dan untuk Anda sebagai pengunjung. Web profesional juga dapat menggunakan heat maps dan alat untuk menganalisis guna melihat tombol atau link yang populer yang sering di klik sehingga mereka dapat terus meningkatkan pengalaman pengguna dengan melakuakan update berkala.

3. Template membatasi apa yang bisa Anda lakukan dengan website Anda.

Banyak orang sekarang beralih ke website dengan sistem template sebagai “jalan keluar yang mudah”. Paket awal template biasanya memungkinkan orang untuk membuat website dengan sedikit atau tanpa pengetahuan koding. Namun sayangnya, perusahaan bisa kehilangan kredibilitas dengan mengandalkan terlalu banyak pada template, yang biasanya meliputi kode yang terlalu banyak yang sebenarnya juga tidak diperlukan oleh website tersebut, bahkan biasany a template premium terlalu banyak memberikan elemen yang tidak diperlukan. Beberapa template memang ada yang fleksibel dalam apa yang akan digunakan dan apa yang tidak, namun sebagian lain tidak bisa seperti itu. Akan lebih baik jika website Anda dibuat dengan khusus dan menggunakan perancangan khusus serta dengan konsep yang juga dirancang khusus agar lebih sesuai dengan kebutuhan website.

4. Kode website Anda membantu untuk menarik perhatian mesin pencari

Anda mungkin bisa memiliki situs yang memiliki tampilan visual yang paling menakjubkan didunia, akan tetapi hal tersebut bukan apa-apa jika tidak ada orang yang melihatnya. Profesional web biasanya memastikan bahwa cara pembuatan kode website agar bisa menarik perhatian mesin pencari dan membantu calon pengunjung agar bisa menemukan website Anda ketika mereka mengetikan kata kunci tertentu ke Google atau mesin pencari lainnya. Kode yang terlulis di website juga mempengaruhi bagaimana tampilan website Anda di mesin pencari, seperti bagaimana judul tertulis, URL muncul dan potongan keterangan singkat tentang halaman bisa menjelaskan isi halaman. Mesin pencari bisa menjadi sumber lalu lintas yang sangat besar bagi sebuah website. Website yang kode nya dioptimasi dengan baik akan tampil dengan maksimal di mesin pencari.