4 Penyebab Bisnis Online Anda Sulit Berkembang

1. Tidak Menguasai Trik Pemasaran Online

Sebenarnya ada banyak sekali ilmu dan trik dalam pemasaran online. Sebagai seorang pebisnis online tentu saja Anda harus menguasai hal ini, setidaknya minimal Anda tahu beberapa dari sekian banyak. Sebagai contoh adalah trik dalam memilih keyword yang berhubungan dengan bisnis Anda. Keywords adalah kata kunci yang digunakan oleh user untuk dapat menemukan situs-situs di mesin pencari atau iklan dari produk maupun jasa di internet. Misalnya ketika Anda memiliki jasa online sebagai seorang desainer grafis, Anda tidak harus mencantumkan kata-kata rumit dalam website maupun halaman iklan Anda.

Kata kunci yang sederhana dan populer justru membuat orang mudah menemukan lapak Anda. Jadi sederhananya Anda bisa gunakan kata kunci atau keyword seperti “Jasa desain grafis” atau “Jasa desain grafis online” atau mungkin bisa dengan “Jasa desain grafis murah”. Semakin banyak orang yang menemukan situs atau lapakan Anda, maka akan membuat bisnis online Anda berkembang. Cukup banyak strategi pemasaran online lain, dan sebagai online preneur mau tidak mau Anda harus mempelajarinya.

2. Halaman Lapak Anda Kurang Menarik

Sebuah tampilan situs website atau lapak online bisa berpengaruh. Ini adalah hal penting yang memang harus kita perhatikan jika ingin berhasil di bisnis online. Untuk itulah Anda harus meluangkan waktu untuk memperbaiki tampilan situs atau lapak online sehingga akan menarik konsumen untuk menjelajahi website Anda dan mau melakukan langkah selanjutnya, yaitu bertransaksi dengan Anda.

Jika Anda serius membangun bisnis online, setidaknya Anda harus berani mengeluarkan modal untuk membuat website yang lebih baik dan rapih dengan Top Level Domain yang unik. Selain tampilan website yang user friendly dan kerapihan dalam menyusun katalog produk, penting juga untuk memberikan deskripsi lebih lengkap mengenai produk atau jasa Anda sebagai referensi bagi para calon pembeli.

3. Kurangnya Pemasaran via Media Sosial

Faktor pertama mengapa bisnis online Anda tidak berkembang adalah kurangnya pemasaran atau pemberian informasi produk dan jasa via media sosial. Ketika Anda sudah memiliki website yang menyertakan katalog produk, Anda juga harus rajin  melakukan promosi via media sosial, tentunya dengan cara yang baik.

4. Kurangnya Networking atau Mitra

Membangun networking atau mitra adalah hal yang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis online. Saat ini sedang populer, seorang pebisnis online penyedia produk atau jasa memiliki partner yang bertindak sebagai reseller. Para reseller ini adalah mitra yang akan membantu mengembangkan bisnis online kita karena mereka juga memasarkan produk atau jasa kita, tentunya mereka akan mengambil sedikit keuntungan dari selisih harga jual produk.

Reseller bisa memiliki peran sangat vital karena mereka menjadi orang yang sering berhubungan langsung kepada end user atau pengecer lain. Selain reseller, mungkin Anda juga harus membangun relasi dengan orang yang bisa bertindak sebagai dropshipper. Untuk mendukung hal ini, sebagai penyedia produk tentu kita harus mempersiapkan diri dengan mempersiapkan proses packing dan pengiriman barang ke pembeli.