Jasa Pembuatan Software Custom di Jakarta

Jasa Software Custom

Software Custom

 

Dalam dunia teknologi informasi kita sering mendengar kata software. Sebenarnya apa sih software itu? Ada yang mengatakan bahwa tanpa software, maka suatu komputer tidak dapat digunakan atau dioperasikan. Untuk mengetahui definisi atau pengertian dari software silahkan simak sedikit penjelasannya di bawah ini.

Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan.

Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.Namun pada kali ini kita akan membahas software Costum

Pengertian Software Custom

Software Custom adalah software yang diciptakan berdasarkan permintaan dan kebutuhan (bahkan situasi/kondisi) tertentu. Banyak Software House yang menghasilkan Perangkat lunak ini berdasarkan proyek/pesanan tertentu.

Karena perangkat lunak kustom dikembangkan untuk satu pelanggan, pelanggan dapat mengakomodasi preferensi dan harapan khusus pelanggan tersebut. Perangkat lunak kustom dapat dikembangkan dalam proses berulang, memungkinkan semua nuansa dan kemungkinan risiko tersembunyi diperhitungkan, termasuk isu-isu yang tidak disebutkan dalam spesifikasi persyaratan asli (yang biasanya tidak sempurna). Secara khusus, tahap pertama dalam proses pengembangan perangkat lunak mungkin melibatkan banyak departemen, termasuk pemasaran, rekayasa, penelitian dan pengembangan dan manajemen umum.

Jenis- Jenis Software Custom

Berikut Jenis – Jenis Software Custom :

  • Software Kasir
  • Software Kargo
  • Software Bioskop

Kategori Software

Web Aplication

suatu aplikasi yang diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti Internet atau intranet. Ia juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa yang didukung penjelajah web (seperti ASP, HTML, Java, Java Script, PHP, Python, Ruby, dll) dan bergantung pada penjelajah tersebut untuk menampilkan aplikasi.Aplikasi web menjadi populer karena kemudahan tersedianya aplikasi klien untuk mengaksesnya, penjelajah web, yang kadang disebut sebagai suatu thin client (klien tipis). Kemampuan untuk memperbarui dan memelihara aplikasi web tanpa harus mendistribusikan dan menginstalasi perangkat lunak pada kemungkinan ribuan komputer klien merupakan alasan kunci popularitasnya. Aplikasi web yang umum misalnya webmail, toko ritel, lelang online, wiki, papan diskusi, weblog.

Desktop

Desktop Application adalah suatu aplikasi yang dapat berjalan sendiri atau independen tanpa menggunakan browser atau koneksi internet disuatu komputer otonom

Mobile Application (Aplikasi Mobile)

Aplikasi Mobile adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda melakukan mobilitas dengan menggunakan perlengkapan seperti PDA, telepon seluler atau Handphone. Dengan menggunakan aplikasi mobile, Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai macam aktifitas mulai dari hiburan, berjualan, belajar, mengerjakan pekerjaan kantor, browsing dan lain sebagainya. Pemanfaatan aplikasi mobile untuk hiburan paling banyak digemari oleh hampir 70% pengguna telepon seluler, karena dengan memanfaatkan adanya fitur game, music player, sampai video player membuat kita menjadi semakin mudah menikmati hiburan kapan saja dan dimanapun.

 

Langkah Membuat Software

  • Defining the problem ( definisi masalah )

Masalah disini yaitu masalah yang akan di analisis dan selanjutnya di pecahkan melalui program atau aplikasi melihat dari sundut pandang kebutuhan.Pada saat menganalisa permasalahan terkadang harus secara spesifik agar tidak dapat terjadi masalah pada langkah selanjutnya.Karena hal itu dalam mendefinisikan masalah kita harus tau apa saja kebutuhan pada software tersebut.

  • Planning and Design System ( perencanaan dan desain system )

Pada tahapan ini sangat diperlukan, karena tanpa tahapan planning pekerjaan yang dilakukan akan sia-sia tentunya dan memakan waktu yang lama. dengan planning system akan jelas serta tampilan aplikasi yang dibuat juga terarah. biasanya perancangan system dilakukan oleh system analyst yang selanjutnya di kerjakan oleh seorang programmer.Design System ini biasanya menggunakan Flowchart System atau symbol alur program dan sebagainya.

  • Implementasi

Pada tahap ini programmer tentunya mengimplementasikan rancangan ke dalam bentuk struktur coding atau sering di sebut code a programmer languange. Bahasa program tentu banyak tergantung pemakaian.

  • Documentation ( dokumentasi )

Setelah tahap implementasi dilakukan dan program sudah mencakup 80 % selanjutnya buat lah dokumentasi atau komentar-komentar pada cuplikan program, tujuannya adalah jika terjadi debug atau problem kita dapat mengoreksinya dengan mudah dan sebaliknya orang dapat mengoreksi program yang kita buat.

  • Testing

Tahap testing juga tidak luput dari pembahasan seperti yang di kutip dari blog sebelah yaitu tahap :

  • Unit Testing
    Menguji setiap unit dan modul yang terdapat dalam program tersebut
  • Integration Testing
    Menguji integrasi yang dilakukan kepada program seperti halnya ketika program tersebut sudah diinstall di client kita yang membutuhkan integrasi dengan sisitem yang lain seperti halnya integrasi dengan database.
  • Validation Testing
    menguji masukan yang diberikan kepada program. apapun masukannya program harus bisa menyelesaikan dengan baik.
  • Sistem Testing
    Pada tahap ini menguji permorfa dari program, apabila program dijalankan dengan kondisi-kondisi tertentu bagaimana ?

 

  • Maintenance

Program tanpa maintenance tentu tidak update dalam masalah bug error report yang dikeluhkan oleh pemakaian.  Agar aplikasi dapat di kembangkan kembali beberapa tahun kemudian atau open source serta ada juga close source yang tidak bisa di kembangkan oleh pihak lain biasanya ditentukan oleh lisensi sebuah program hanya untuk pemakaian saja.

Hargailah profesi seorang programmer, karena menciptakan sebuah program itu tidak mudah seperti memasak air. Tanpa programmer dunia IT tidak berkembang pesat seperti saat ini. Programmer juga butuh hidup dan sosialisasi. karena menjadi programmer itu tidak mudah.

Mengapa Software Itu Mahal ?

karena dalam membuat program yang baik tidak hanya membutuhkan satu orang untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Diperlukan sebuah team dalam membuatnya dan untuk team tersebut mempunyai tugas yang berbeda-beda, ada yang sebagai analis, programing, dll. Itulah yang membuat mengapa mengerjakan suatu program membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang mahal.


ANDA MEMBUTUHKAN SOFTWARE CUSTOM ? KAMI MENYEDIAKAN JASA PEMBUATAN SOFTWARE DENGAN HOSTING DAN DOMAIN GRATIS !!!

HUBUNGI KAMI

0812 3303 5559

ATAU

www.smartstudio.com