jasa pembuatan website murah

 

Website Company Profile Kargo

Website Company Profile Kargo

Website adalah sering juga disebut Web, dapat diartikan suatu kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, yang dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.

Atau definisi website adalah kumpulan dari berbagai macam halaman situs, yang terangkum didalam sebuah domain atau juga subdomain, yang lebih tempatnya berada di dalam WWW (World Wide Web) yang tentunya terdapat di dalam Internet.

Halaman website biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format Hyper Text Marku Language (HTML), yang bisa diakses melalui HTTP, HTTP adalah suatu protokol yang menyampaikan berbagai informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para user atau pemakai melalui web browser.

Jenis-jenis website ada 3 (tiga) macam diantaranya:

  1. Website Statis adalah suatu website yang mempunyai halaman yang tidak berubah. Yang artinya adalah untuk melakukan sebuah perubahan pada suatu halaman hanya bisa dilakukan secara manual yitu dengan cara mengedit kode-kode yang menjadi struktur dari website itu sendiri.

  2. Website Dinamis adalah merupakan suatu website yang secara strukturnya diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain dimana utamanya yang bisa diakses oleh para pengguna (user) pada umumnya, juga telah disediakan halaman backend yaitu untuk mengedit konten dari website tersebut. Contoh dari website dinamis seperti web berita yang didalamnya terdapat fasilitas berita, dsb.

  3. Website Interaktif adalah suatu website yang memang pada saat ini memang terkenal. Contohnya website interaktif seperti forum dan blog. Di website ini para pengguna bisa berinteraksi dan juga beradu argumen mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka.

Tahapan-tahapan Pembuatan Website

Planning (Perencanaan Web)

    1.Menentukan tema atau tujuan website

Ada banyak dan contoh website yang dapat kita jadikan referensi untuk ide web yang akan kita buat, contohnya adalah personal (blog), komunitas (forum diskusi), portal, katalog, e-Commerce, e-Learning, e-News, e-Goverment, dan masih banyak tema-tema lainnya.

    2.Mengumpulkan data/bahan yang akan menjadi materi website

Disini terkadang menjadi kendala web developer dalam membuat web klien, dari satu sisi web harus cepat diselesaikan, disatu sisi terkadang data yang diberikan client tidak lengkap.

Adapun data-data yang dibutuhkan meliputi :

Info dan keterangan mengenai perusahaan/organisasi klien

Foto/Gambar, seperti logo, foto produk, foto gedung dan sebagainya

Info mengenai produk/jasa/kegiatan/event

  1. Membuat kerangka situs/peta situs (sitemap)

  2. Membuat jadwal kerja untuk tiap web developer (time schedule)

      3.Designing (Mendesain Web)

Ini adalah tugas web designer, memang seringkali pembuatan website dapat dilakukan dengan melewati tahap ini, akan tetapi mendesain layout web tanpa gambaran yang jelas seringkali pembuatan web menjadi tidak terkonsep. Setelah layout tergambar jelas dengan aplikasi grafis kemudian dilanjutkan dengan covert PSD to HTML template. Atur tata letak website (layout), kombinasi warna, dan bentuk huruf (tipografi) yang sesuai dengan karakteristik website.Software yang dibutuhkan oleh web designer untuk bekerja adalah : Adobe Photoshop, Adobe Dreamweaver.

     4.Coding (Membuat kode-kode program untuk web)

Menurut saya, tahap coding merupakan tahap paling sulit dan memakan waktu yang lama dibandingkan tahap lainnya. Dan tanpa coding, semua yang telah dibuat dan dirancang, termasuk desain tidak akan dapat berfungsi.Bahasa pemrograman/aplikasi yang digunakan pada tahap ini contohnya adalah : PHP, MySQL, HTML, CSS, dan JQuery.

     5.Testing (Penguji keamanan Web)

Pengujian web dilakukan untuk memastikan website sudah benar-benar layak untuk ditampilkan kepada publik yang meliputi :

Kompatibilitas Browser

Memeriksa link tiap halaman

Memeriksa kelengkapan data

Mencoba setiap fitur web

    6.Promotion (Promosi Web)

pada tahap ini Anda harus mengerahkan tenaga dan trik supaya web bisa dikenal oleh khalayak ramai. Promosi dapat dilakukan secara offline baik menggunakan kartunama, brosur, media cetak dan lain-lain.

Dan yang pastinya Anda harus memasang strategi untuk mempromosikan web secara online dengan metode SEO (Search Engine Optimization)

     7.Maintenance (Perbaikan dan pemeliharaan Web)

Tahap ini dilakukan Untuk memastikan bahwa website dapat berjalan dengan baik setiap harinya termasuk dari sisi keamanannya.

Selain itu di Website anda perlu mengetahui yang namanya DOMAIN dan fungsi DOMAIN serta contoh DOMAI.dibawah ini Saya akan Jelaskan pengertian dan fungsi serta contoh domain:

APA ITU DOMAIN ?

Domain adalah suatu nama yang unik, digunakan sebagai pengganti Alamat IP. Domain disebut juga sebagai Alamat Website, seperti contohnya “solozine.com” atau “google.com” dan lainnya.

Domain memiliki format huruf ( a,b,c dan seterusnya ), angka ( 1,2,3 dan seterusnya ) dan simbol ( – ) sebagai nama url situs web. Anda dapat membuat alamat website sesuai keinginan Anda, bisa menggunakan huruf, angka atau simbol saja. Dan Anda Perlu mengetahui Fungsi DOMAIN

Apa Fungsi DOMAIN ?

Pada dasarnya, Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna internet dalam mengakses suatu situs web serta mempermudah mengingat alamat situs web yang akan diakses dari pada harus menggunakan sederetan angka-angka rumit yang disebut Alamat IP.

Seperti misalnya Anda ingin mengakses situs web google.co.id, jika Anda menggunakan Alamat IP maka Anda harus mengakses melalui kombinasi angka seperti 173.194.39.19, hal tersebut tentu akan menyulitkan pengguna internet. Maka dari itu ada sebuah domain untuk memberikan kemudahan bagi pengguna internet.

Contoh Domain

Nama domain yang populer : .COM, .ORG, .NET, .ME

Nama domain baru : .COOL, .ZONE, .CLUB, .CITY, .WEBSITE, .GRATIS, .HAUS, .GURU, .TIPS, .TODAY, .MEDIA, .LINK, .COOKING, .FISHING, .FITNESS dan masih banyak lagi nama domain baru.

Nama domain Indonesia : .ID, .CO.ID, .WEB.ID

Dan Selain Itu saya Juga ingin menjelaskan Tentang Web Responsive Design serta kelebihan dan kekurangannya

APAKAH ITU RESPONSIVE DESIGN?

Responsive Web Design adalah sebuah teknik yang digunakan untuk membuat layout website menyesuaikan diri dengan tampilan device pengunjung, baik ukuran maupun orientasinya. Jadi tampilan yang berada di desktop komputer dengan tampilan yang diakses melalu SmartPhone misalnya, itu akan berbeda tampilannya. Responsive Web Design Untuk mengetes tampilan yang menggunakan teknik Responsive tersebut tidak harus mengaksesnya melalui mobile device ataupun device lainnya, namun cukup dengan meminimize browser saja ke dalam ukuran mobile device yang diinginkan, kita sudah dapat melihat tampilan website kita pada layar mobile device.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Teknik ini sudah mulai banyak digunakan dikalangan web desainer luar maupun lokal dan memiliki beberapa keuntungan, salah satunya adalah penghematan penggunaan sub domain, yang tadinya kalau mengakses harus menggunakan kata “mobile” atau “m” didepan domainnya, sekarang cukup dengan mengetik nama domainnya saja dan tampilan akan menyesuaikan dengan device yang digunakan. Keuntungan yang paling utama tentu saja dapat mengurangi jumlah development menjadi satu saja untuk dipakai semua devices. Lalu kelemahan dari teknik ini adalah jika digunakan pada website yang bertujuan untuk menampilkan gambar saja, seperti website fotografi misalnya. Resource gambar yang diload oleh device kita akan sama dengan yang diload dikomputer kita. Untuk itu kita perlu memperhatikan apakah website yang kita buat cocok untuk dipakaikan teknik Responsive ini.