Jasa Software Custom di Jakarta

 

Jasa Software Custom di Jakarta

Bagi anda yang menggeluti dunia bisnis ataupun anda yang sering memegang benda elektronik pasti anda tidak jauh dari yang namanya software, mungkin kita pernah dengar software kata-kata software pada aplikasi komputer anda tapi apa itu sebenarnya pengertian software dan apa itu softaware costum? Berikut bahasannya!.

Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan.
Software bespoke atau custom adalah software yang dibuat berdasarkan pemesanan atau permintaan sesuai kebutuhan user. Banyak para user atau instansi perkantoran meminta dibuatkan software yang menunjang untuk membuat laporan pekerjaan agar dapat meningkatkan kinerja.
Biasanya para penerima jasa pembuatan software sesuai kebutuhan atau kita dapat bertanya langsung kepada konsultan IT,mereka dapat memberikan masukan atau menjelaskan apa software yang kita butuhkan.
contohnya:
Instansi perbankan, setiap bagian di perbankan selalu berkaitan antara customer service, teller dan lain sebagainya saling terintegrasi. mereka membutuhkan software khusus untuk menyimpan data nasabahnya dengan baik dan amam.
oleh sebab itu pihak bank membutuhkan sebuah software yang mampu memberikan kemampuan yang dibutuhkan sesuia kebutuhan. Misalnya memerlukan software atau aplikasi database yang berguna untuk menampung data nasabah bank tersebut serta dipelihara sesuai pemakaian. Pihak perbankan akan memesan sebuah software dabase kepada konsultan IT agar mendapatkan software tersebut.

Jenis-jenis Software lengkap dengan contoh dan penjelasannya

Berdasarkan fungsinya, Software komputer terbagi dalam 4 (Empat) jenis, yaitu:

» Operating Sistem (Sistem Operasi)

» Application Software ( Program Apliaksi)

» Utility Software (Program Bantu)

» Malware (Program Perusak)

A. Sistem Operasi

Merupakan perangkat lunak yang berfungsi mengendalikan semua komponen yang terdapat pada mesin komputer.  Di bawah ini adalah contoh-contoh dari sistem operasi :

  • Microsoft Windows

Microsoft Windows atau biasa disebut Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Bill Gates atau ketau CEO Microsoft Corporation yang menggunakan interface berbasis GUI (Graphical User Interface) atau tampilan interface bergrafis.

Awalnya Windows bermula dari Ms-Dos (Microsoft Disk Operating System) yaitu sebuah Sistem Operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line interpreter. Windows Versi pertama, Windows Graphic Environmnet 1.0 merupakan perangkat lunak yang bekerja atas arsitekstur 16-Bit dan bukan merupakan Sistem Operasi dan berjalan atas MS-DOS, sehingga untuk menjalankannya membutuhkan MS-DOS. MS-DOS sendiri sebenarnya dibuat oleh perusahaan pembuat komputer Seattle Computer Products dan barulah kemudian direkrut oleh Microsoft yang selanjutnya dibeli lisensinya.

B. Program Aplikasi

Merupakan suatu program yang ditulis dengan bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada bidang tertentu. Contoh program aplikasi yang sering digunakan yaitu :

  • Microsoft Office

Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Mocrosoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi didalam Microsost Office yang terkenal adalah Word, Word dan PowerPoint.

C. Program Utility

Merupakan suatu program untuk membantu sistem operasi. Berikut adalah contoh dari program Utility :

  • AVAST Antivirus

AVAST Antivirus adalah salah satu dari sekian banyak produsen keamanan yang dapat kita andalkan untuk melindungi PC kita terhadap berbagai macam ancaman seperti malware, spyware, adware, trojan dan lain sebagainya.

D. Program Perusak

Malware adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan utama mencari kelemahan software. Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating sistem.

Jenis – Jenis Malware Beserta Contohnya:

Virus

Merupakan sebuah progam yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri, memanipulasi data, menginveksi, serta mengubah dan merusak progam lain. Varian ini sering ditemui dan seringkali mengganggu para pengguna komputer.

Contoh Virus :

  1. Trojan.Lodear
  2. W32.Beagle.CO@mm
  3. Backdoor.Zagaban

Kategori Software atau Perangkat Lunak

Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) .

Software berbayar

Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.

Freeware

Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).

Free Software

Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.

Perbedaan yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata free dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas, sama seperti Freeware tidak harus gratis.

Shareware

Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda ingin tetap menggunakannya.

Kita juga dapat menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam program periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware. Sebuah contoh yang jelas adalah program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan perangkat lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner atau pop-up.

Berikut langkah-langkah membuat software

1. Definisi masalah

Masalah disini yaitu masalah yang akan di analisis dan selanjutnya di pecahkan melalui program atau aplikasi melihat dari sundut pandang kebutuhan.

2. Perencanaan dan desain system

Pada tahapan ini sangat diperlukan, karena tanpa tahapan planning pekerjaan yang dilakukan akan sia-sia tentunya dan memakan waktu yang lama. dengan planning system akan jelas serta tampilan aplikasi yang dibuat juga terarah. biasanya perancangan system dilakukan oleh system analyst yang selanjutnya di kerjakan oleh seorang programmer.Design System ini biasanya menggunakan Flowchart System atau symbol alur program dan sebagainya.

3. Implementasi

Pada tahap ini programmer tentunya mengimplementasikan rancangan ke dalam bentuk struktur coding atau sering di sebut code a programmer languange. Bahasa program tentu banyak tergantung pemakaian.

4. Dokumentasi

Setelah tahap implementasi dilakukan dan program sudah mencakup 80 % selanjutnya buat lah dokumentasi atau komentar-komentar pada cuplikan program, tujuannya adalah jika terjadi debug atau problem kita dapat mengoreksinya dengan mudah dan sebaliknya orang dapat mengoreksi program yang kita buat.

5. Testing

Tahap testing juga tidak luput dari pembahasan seperti yang di kutip dari blog sebelah yaitu tahap :

  • Unit Testing
    Menguji setiap unit dan modul yang terdapat dalam program tersebut
  • Integration Testing
    Menguji integrasi yang dilakukan kepada program seperti halnya ketika program tersebut sudah diinstall di client kita yang membutuhkan integrasi dengan sisitem yang lain seperti halnya integrasi dengan database.
  • Validation Testing
    menguji masukan yang diberikan kepada program. apapun masukannya program harus bisa menyelesaikan dengan baik.
  • Sistem Testing
    Pada tahap ini menguji permorfa dari program, apabila program dijalankan dengan kondisi-kondisi tertentu bagaimana?

6. Perawatan (Maintenence)

Program tanpa maintenance tentu tidak update dalam masalah bug error report yang dikeluhkan oleh pemakaian.  Agar aplikasi dapat di kembangkan kembali beberapa tahun kemudian atau open source serta ada juga close source yang tidak bisa di kembangkan oleh pihak lain biasanya ditentukan oleh lisensi sebuah program hanya untuk pemakaian saja.

Hargailah profesi seorang programmer, karena menciptakan sebuah program itu tidak mudah seperti memasak air. Tanpa programmer dunia IT tidak berkembang pesat seperti saat ini. Programmer juga butuh hidup dan sosialisasi. karena menjadi programmer itu tidak mudah.

Sekian artikel tentang tahapan pembuatan sebuah program, semoga dapat berguna dan menambah ilmu .

Alasan mengapa software itu sangat mahal

Ya, customer banyak mengeluhkan mahalnya harga software. Apa sih yang membuat mahal ? Apa yang membedakan harga satu software dengan software lainnya ?

Sebagian besar biaya membangun software digunakan untuk membayar honor development team-nya. Hanya sesekali dibutuhkan biaya untuk pembelian alat atau software lainnya sebagai alat bantu. Dan, hanya sedikit biaya untuk mengelola proses (seperti biaya meeting, dokumentasi, dll). Nah, sekarang tinggal biaya honor. Apa yang mempengaruhi besarnya honor untuk seluruh anggota development team ?

Besar honor ditentukan oleh produktivitas yang diharapkan akan dicapai oleh seluruh anggota tim. Produktivitas ini ditentukan oleh lingkup software yang akan dibuat. Satuan yang banyak digunakan dulu adalah line of code. Sekarang kelihatannya sudah kurang relevan dengan adanya berbagai tools pemrograman. Dengan klak-klik sedikit saja, terbangkitkan ratusan line of code. Cara lain adalah dengan menghitung function point. Intinya adalah dengan menghitung fungsi-fungsi yang harus dibuat. Tentu saja akan ada berbagai kategori fungsi yang masing-masing punya bobot yang berbeda.

Jadi, harga software jelas akan bertambah mahal apabila lingkup atau fitur software tersebut juga bertambah besar…

Berikut 7 Software Termahal Di Dunia

7. Core Impact Pro ($ 50.000 atau Rp. 658.625.000)
Core Impact Pro
Core Impact Pro adalah software yang berkaitan tentang keamanan jaringan. Software ini dikembangkan pada tahun 2002. 
Fitur Utama:
a. Scan server , firewall, workstation, router, dan aplikasi yang ada di jaringan
b. Rapid Penetration Test (RPT)
c. Mengidentifikasi ancaman
d. Memperbaiki masalah – masalah yang bermunculan
6. Softimage Face Robot ($ 90.000 atau Rp. 1.185.525.000)
Tampilan Softimage Face Robot
Softimage Face Robot adalah aplikasi desain 3 dimensi yang dikeluarkan oleh Autodesk. Software ini digunakan untuk membuat grafis 3 dimensi yang sangat tinggi. Terutama untuk pengembangan video game atau film. Software ini biasanya digunakan oleh perusahaan periklanan untuk membuat karakter fiksi atau efek visual
Fitur Utama:
a. Sangat halus dan mudah untuk mengikuti lembar kerja
b. Bisa membuat gambar yang realistis, indah, dan menarik
c. Generalized Attribute Transfer Operator (GATOR) yang bisa mempercepat produksi
d. Kemampuan 3 dimensinya yang bisa digunakan untuk game atau film
5. VxWorks ($ 190.000 atau Rp. 2.502.775.000)
Logo VxWorks
   
VxWorks adalah Sistem Operasi termahal di dunia yang dikembangkan oleh  Wind River Systems. Desain dari OS digunakan di dalam Embedded System. Embedded system adalah sebuah sistem komputer yang didesain untuk melakukan suatu pekerjaan khusus. Embedded system biasanya merupakan bagian dari perangkat yang lebih besar yang didalamnya terdapat hardware dan peralatan mekanik. Software ini dibuat dari bahasa Ada, C++ dan Java.
Fitur Utama:
a. Kernel yang multitasking dengan penjadwalan round rubin
b. Proteksi memori, mendeteksi error dan melaporkannya
c. Dual mode IPV6 networking stack
4. Source Engine ($ 200.000 atau Rp. 2.634.500.000)
Tampilan software Source Engine
Game Counter Strike dan Left For Dead dibuat menggunakan software ini. Software ini 100 persen dibuat dengan bahasa C++ dan software ini dibuat oleh Valve Corporation
Fitur Utama:
a. High dynamic range rendering
b. Distributed map compiler
c. Blended skeletal animation and Water flow effect
d. 3d bump mapping and dynamic 3d wound
3. Renderware SDK ($ 240.000 atau Rp. 3.161.400.000)
Tampilan Renderware SDK
Renderware SDK adalah sebuah mesin grafis rendering dan 3D aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan video game. Software ini dibuat oleh Criterion Software. Aplikasi ini bisa digunakan di Mac OS, Windows, Xbox, Xbox 360, Wii, Playstation 2
Fitur Utama:
a. Platform OS yang luas
b. Night Vertex Colors
c. Support RW Plugin
d. Berbagai frame dan material buatan
2. New World Systems Public Administration Software ($ 500.000 atau Rp. 6.586.250.000)
Logo New World System
New World System adalah software keamanan publik paling terpecaya, karena sudah memiliki pengalaman selama 30 tahun. Judith Miller menghabiskan hingga setengah juta dollar untuk mengembangkan software ini. Software ini dikembangkan untuk mengelola seluruh cabang yang ada di pemerintah daerah.
 
Software ini bisa mengerjakan berbagai pekerjaan seperti mengatur uang yang dibutuhkan untuk sebuah kota, menyediakan modul untuk bagian keuangan, gaji, sumber daya manusia, analisis bisnis. Program ini berjalan di browser yang dibuat dengan Microsoft .NET 
 
Fitur Utama:
a. 24 jam seminggu bisa mengakses lewat browser
b. Mengurangi jumlah data yang masuk untuk karyawan
c. Mengintegrasi database sehingga mendapatkan informasi yang lebih baik
 
1. Cry Engine 3 ($ 1.2 Juta atau Rp. 15.807.000.000)
Tampilan CryEngine
 CryEngine 3 adalah otak utama untuk game bergenre First Person Shooting (FPS) yang dikembangkan oleh Crytek. Ini adalah generasi ke 3 dari software tersebut. Far Cry, SNOW. Chris, RobertsSniper: Ghost Warrior 2 adalah game yang dibuat dengan engine ini.
Fitur utama:
a. Real dynamic global illumination
b. Data driven sound mixing
c. LUA Script Driven AI System
d. Deferred lighting and color grading
e. Blend layer and “Uber Shader” technology
f.  Smart object and multi core support
 

Perlu Software Custom ?

Hubungi Kami
0812 3303 5559

atau
www.smartsoftstudio.com