Mengenal Web Dinamis

Pengertian web dinamis adalah suatu web yang kontent atau isinya dapat berubah–ubah setiap saat. Sebab dalam teknologi pembuatan web dinamis sudah dirancang semudah mungkin bagi pemakai atau user.

Web dinamis yang lengkap yaitu web yang isinya dapat dirubah sewaktu-waktu dengan sangat mudah tanpa harus melakukan perubahan pada kode-kode atau coding. Konten yang terdapat di web dinamis pun tersimpan disebuah database, sehingga bagi orang-orang yang tidak bisa coding dapat merubah isi konten tersebut tanpa harus menguasai bahasa pemrograman web yang biasa disebut dengan coding. Untuk perubahan konten atau dokumen dalam sebuah web dinamis dibilang mudah ketimbang web statis yang harus memiliki keahlian khusus pada bagian scripting web tersebut.

Sebuah website dinamis umumnya dibuat menggunakan Compact Management System (CMS) tertentu dengan penyimpanan data di database misalnya seperti MySQL dan biasanya juga web ini tersusun dari bahasa pemograman seperti HTML, CSS, PHP, JavaScript dan berhubungan dengan database MySQL.

Ciri-ciri web dinamis :

  1. Web dinamis terdapat interaksi antara pengunjung dengan pemilik web seperti memberikan komentar, transaksi online, forum, dll.
  2. Web dinamis menggunakan bahasa pemrograman web yang lebih kompleks seperti PHP, ASP danJavaScript.
  3. Web dinamis menggunakan database seperti MySQL, Oracle, dll untuk menyimpan dan memroses data.
  4. Konten dalam web dinamis bisa berasal dari pengunjung dan lebih sering di-update. Konten dalam web dinamis bisa diambil dari database sehingga isinya pun bisa berbeda-beda walaupun kita membuka web yang sama.

Kelebihan Web Dinamis yaitu:

  • Konten dan layout dapat berubah-ubah atau diubah-ubah.
  • Memakai dynamic html (DHTML).
  • Memakai pemrograman server untuk mengatur perubahan data.
  • Dapat menggunakan CMS untuk mengubah konten atau isi website.
  • Konten web dan layout halaman dibuat secara terpisah, sehingga loading pada halaman lebih cepat.