Mengenal Web Hosting

Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.

Pada dasarnya sebuah server webhosting menggunakan adalah sebuah komputer biasa namun menggunakan beberapa komponen dan program dasar sebuah server serta disarankan harus mampu untuk online 24 jam setiap hari dan tanpa harus dimatikan dalam jangka waktu lebih lama daripada komputer biasa.

Macam dan jenis server atau hosting yang dapat dipakai adalah :

  1. Shared Hosting adalah server hosting yang digunakan secara bersama-sama atau disharing. Di satu server ada terdapat lebih dari satu nama domain karena berbagai orang dapat memakainya. Dalam satu server hosting ada beberapa account, tetapi yang membedakan mereka antara account-account tersebut, masing-masing mempunyai username dan password.
  2. VPS singkatan dari Virtual Private Server atau Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Disebut virtual karena dimungkinkan untuk menginstall sistem operasi berbeda.
  3. Dedicated Server digunakan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Pada jenis ini penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
  4. Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

Untuk memilih Jasa Web Hosting yang baik perlu diperhatikan beberapa tips berikut ini :

  1. Perhatikan kebutuhan space dan bandwidth. Banyaknya artikel atau file baik itu berupa teks atau gambar yang akan disimpan memerlukan space tertentu.
  2. Layanan dan fasilitas seperti software-software yang ada di hosting, misalnya softaculous atau Fantastico de luxe untuk menginstal CMS seperti wordpress atau Jomlaa, serta support dari jasa hosting yang siap membantu bila ada masalah atau kesulitan dengan website anda.
  3. Menentukan harga yang sesuai. Bila untuk website pribadi biasa tentunya memilih paket hosting yang murah saja tidak perlu yang terlalu mahal mengingat pembiayaannya akan dilakukan tiap bulan atau tahun tergantung kontrak yang dilakukan.