Pentingnya Fitur Live Chat Di Website Toko Online Kamu

Seperti yang sekilas telah kita bahas pada artikel-artikel sebelumnya, live chat merupakan salah satu fitur komunikasi terbaik antara pengunjung situs toko online dengan pemiliknya. Berbagai studi telah membuktikan bahwa dengan adanya akses komunikasi melalui real time chat, semakin besar peluang pengunjung berkonversi menjadi pelanggan. Kemudahan untuk berinteraksi secara “langsung” bersama admin toko online pun meningkatkan kemungkinan pengunjung melakukan pembelian sebesar 3x lipat.

Betul, menggunakan fitur live chat dapat berujung pada peningkatan jumlah sales pada toko online kamu!

Tentunya, tidak semua aspek itu serba mudah. Fitur live chat ‘menuntut’ waktu dan tenaga kerja yang lebih karena membutuhkan personil yang mampu standby untuk merespon pada jam-jam operasional yang telah ditentukan. Tetapi kamu tetap ingin memberikan pengalaman terbaik bagi para pebelanja (dan dirimu sendiri) untuk meningkatkan sales, bukan? Coba baca dulu 4 alasan kenapa fitur live chat itu semakin dibutuhkan, kalau kamu masih belum yakin!

1. Menunjukkan bahwa kamu peduli

Ingin melebihi ekspektasi pengunjung sejak awal mereka membuka situs toko online kamu? Live chat dapat membantumu untuk mencapainya! Komunikasi tidak dimulai hanya ketika pengunjung mengajukan pertanyaan. Saat mereka memasuki situs pun kamu bisa mendeteksi kehadiran mereka dan menyapa untuk memastikan bahwa kamu siap membantu jika dibutuhkan. Salah satu hal yang paling menyenangkan dari live chat adalah tampilannya tidak mengganggu halaman situs dan pelanggan tidak akan merasa terpaksa untuk menjawabmu — cukup menunjukkan bahwa kamu memang peduli.

 

2. Mengurangi tingkat cart abandonment

Cart abandonment, atau peninggalan keranja belanja, tentu membuat kita frustrasi, dan bisa terjadi di toko online mana saja. Suatu studi menemukan bahwa 83% dari pengunjung yang tengah berbelanja, namun tidak mendapatkan bantuan yang dibutuhkan, akan segera meninggalkan cart atau keranjang belanja mereka. Fitur live chat secara signifikan dapat mempermudah akses komunikasi pengunjung kamu sehingga mereka dapat menerima bantuan saat memerlukannya, sampai melalui proses checkout atau pembayaran. Jangan sampai pelanggan kamu beralih pada kompetitor hanya karena kurangnya pelayanan yang ‘tanggap’ atau instan.

3. Lebih cepat dan hemat

Karena fitur live chat langsung terintegrasi dalam toko online, kamu bisa memotong biaya servis tambahan untuk berkomunikasi dengan para pengunjung. Efisiensi pun meningkat karena kamu dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk melayani setiap pengunjung dengan kemampuan melayani banyak chat pada saat yang bersamaan. Sifatnya yang cepat dan singkat juga memungkinkan kamu untuk memberikan beberapa jawaban template untuk pertanyaan yang cukup umum.

 

4. Membantu untuk memahami masalah

Ketika pengunjung menemukan masalah, tapi kamu tidak memahami letak permasalahannya, di situlah potensi kamu untuk menjual akan hilang. Memahami apa yang konsumen butuhkan adalah salah satu aspek terpenting dalam memperbaiki servis kamu secara keseluruhan. Ketika menggunakan fitur live chat, kamu bisa menemukan permasalahan umum yang sering dihadapi oleh pengunjung berkat kemampuan untuk menerima informasi secara real time. Dari sana, kamu pun bisa menarik beberapa poin dari permasalahan tersebut untuk dijadikan bahan ide untuk konten blog. Dengan mengangkat topik yang relevan dengan kebutuhan konsumen saat berbelanja online, traffic atau arus pengunjung ke situs kamu bisa meningkat.

Tidak dapat dipungkiri bahwa mayoritas dari konsumen online Indonesia lebih nyaman dengan menggunakan aplikasi mobile chat seperti Line dan Whatsapp. Tetapi demi mempermudah pengaturan bisnis, kamu bisa mengalihkan pebelanja dari channel-channel tersebut karena fitur live chat juga dapat diakses dari tampilan situs pada smartphone atau gadget lainnya dengan mudah.Gatoko Website Development