Tips membeli rumah Dengan Gaji di bawah rata-rata

rumah

Tips membeli rumah Dengan Gaji di bawah rata-rata

Apa jadinya apabila kita hidup tanpa rumah? Yah rumah merupakan bagian yang sangat penting dalam memulai hidup berkeluarga dan rumah sendiri dapat kita jadikan lahan untuk berbisnis.

Namun Apa jadinya bagi kita yang punya gaji dibawah rata-rata namun ingin sekali punya rumah? Pasti banyak kendala, tapi jangan khawatir berikut saya akan memberikan solusi bagi anda yang punya penghasilan di bawah rata-rata namun ingin membeli rumah idaman anda.

  1. Menabung di Bank Tabungan Negara (BTN)

Saya belum tahu apakah ini sekedar wacana atau sudah dijalankan. BTN meluncurkan produk keuangan, yaitu tabungan kredit rumah.

Tujuannya agar tidak hanya karyawan, namun orang-orang yang bekerja di sektor non-formal dapat pula mengajukan  kredit kepemilikan rumah.

Caranya dengan menabung secara rutin selama minimal 1 tahun. Apabila lancar, BTN akan melihatnya sebagai track record pertimbangan pengajuan kredit

Sedapat mungkin menabunglah setiap bulan sebesar angsuran rumah yang ingin Anda ambil . Ini dilakukan agar BTN melihat kemampuan kita dalam mengangsur.

  1. Menabung Emas

Ya. Mengapa menabung emas? Emas merupakan penjaga dari nilai kekayaan. Katakan saja hari harga rumah yang kita inginkan senilai 300 juta. Jangankan 5 tahun kemudian, satu tahun dari sekarang harga tersebut dipastikan mengalami kenaikan.

Dengan menanbung emas, nilai kekayaan tidak tergerus oleh inflasi. Hal ini berbeda dengan menabung dalam bentuk uang.

Caranya dengan menghitung berapa harga rumah dan berapa gram emas yang bisa dibeli dengan sejumlah uang tersebut.

Untuk mudahnya kita gambarkan sebagai berikut. Misalnya 5 tahun mendatang Anda ingin membeli rumah seharga 700 juta. Berarti harga rumah tersebut kemungkinan masih 400 jutaa-an.

Fokuslah membeli emas senilai 400 juta tadi. Karena 5 tahun mendatang harganya bisa mencapai 700 juta atau lebih. Dengan menjual emas 5 tahun ke depan, nilai emas itu sendiri sudah mengalami kenaikan luar biasa.

  1. Investasikan Uang Anda

Sebenarnya cara yang ke-tiga ini merupakan cara membeli rumah yang terbaik. Yakni dengan menginvestasikan uang Anda. Meskipun gaji kecil, jangan pernah berkecil hati. Anda tetap bisa membeli rumah.

Mari kita hitung-hitung. Misalnya Anda memiliki tabungan untuk DP sejumlah 30 juta. Cari tanah di daerah potensial: harga murah namun perkembangannya cepat.

Tambahkan lagi uang sejumlah 30 juta tersebut menjadi lebih banyak, mungkin 40 juta agar lebih mudah mendapatkan tanah lebih mudah.

Biarkan selama 3 atau 5 tahun ke depan. Harga tanah tersebut akan terus melambung tinggi. Jika Anda menjualnya, hasilnya bisa membeli rumah sekaligus tetap masih bisa membeli tanah lain lagi

Mengenai investasi tanah baca artikel saya Investasi Properti: Cara Investasi Tanah (Anda bisa hubungi saya di 0813 1636 9149).

  1. Akselerasi Karir

Ini adalah cara lain agar mampu membeli rumah. Gaji kecil yang kita terima setiap bulan harus berubah, ya berubah menjadi lebih besar. Caranya dengan akselerasi karir.

Anda harus menemukan pekerjaan yang secara rasional memberikan kemampuan membeli rumah. Akselerasi karir adalah akselerasi finansial.

Intinya kalo kita mau berusaha pasti ada jalan dan jangan lupa untuk selalu tawakal.